Jam Kerja
Senin - Sabtu, 07:00 - 15:30 WIB
Telepon
081374444575
HUBUNGI KAMI
VIA WHATSAPP

Pemprov Riau Terus Dukung Pengembangan UMKM di Daerah

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus mendukung pengembangan Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah.

Hal tersebut diungkapkan oleh Gubernur Riau, Syamsuar yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Riau Bidang Pemerintahan, Hukum dan Sumber Daya Manusia Provinsi Riau, Yurnalis pada kegiatan Gemilang produk UMKM, di Gedung Daerah Balai Serindit, Jumat (11/08/2023).

Untuk diketahui, Pemprov Riau melalui optimalisasi onboarding UMKM di Riau telah menyalurkan bantuan bagi pelaku usaha mikro yang berasal dari APBD Provinsi Riau dari Tahun 2020 hingga Tahun 2022, terutama bagi UMKM yang terdampak pandemi COVID-19 dengan memperoleh bantuan sebesar Rp1,2 juta per UMKM kepada 33.099 pelaku UMKM dengan total anggaran Rp39,7 Miliar.

“Sedangkan melalui APBN, pada tahun 2020 telah diberikan bantuan kepada 268.909 UMKM dan 352.296 UMKM pada tahun 2021 dengan total anggaran mencapai Rp1,05 triliun,” ungkap Yurnalis.

Selain itu, ia juga menyatakan bahwa peningkatan keterampilan dan kompetensi bagi pelaku UMKM juga gencar dilakukan.  Pihaknya pada 2023 ini, telah melaksanakan pelatihan desain kemasan produk dan pendampingan pemasaran.

“Untuk meningkatkan pemasaran, kami bekerja sama dengan OJK dan Bank Indonesia, mengandeng berbagai top brand seperti Dana, Id Cloud Host, Pertamina, Shoppe, Bli Bli dan sebagainya,” katanya.

Yurnalis juga menjelaskan, bahwasanya pengadaan barang dan jasa di Lingkup Pemprov Riau juga telah melibatkan UMKM dengan memanfaatkan platform Mbizmarket per Juli 2023, dengan nilai transaksi mencapai Rp47,1 miliar.

“Kami juga melibatkan UMKM dalam pelaksanaan operasional di 14 usaha besar di Provinsi Riau hingga tahun 2022 sudah terealisasi sebanyak 526 UMKM dengan nilai realisasi kontrak sebesar Rp25,6 miliar,” jelas Yurnalie.

Oleh sebab itulah, pihaknya menginginkan UMKM Provinsi Riau dapat memanfaatkan kemajuan teknologi Informasi dalam seluruh lini bisnisnya.

“Kita berharap UMKM di Provinsi Riau, melalui Gebyar Lelang ini dapat naik kelas, memiliki produk yang berkualitas baik dan mampu bersaing di tingkat nasional, ataupun menembus pasar ekspor,” ujarnya.

Pihaknya juga berharap UMKM di Riau sebagai salah satu pilar ekonomi ini dapat semakin memperkokoh ekonomi Riau menuju Riau Unggul. (Mediacenter Riau/nb)

sumber: https://www.infopublik.id/kategori/nusantara/768494/index.html

Butuh Bantuan?